Oleh Oleh Dari Surabaya

Jangan lupa oleh-olehnya ya..

Kalimat itu selalu saya dengar ketika bercerita hendak ke luar kota. Selalu. Entah hanya basa-basi, atau memang beneran mengharapkannya. Teman-teman juga mengalami hal yang sama, kan? Itulah makanya, kadang saya nggak cerita ke siapa-siapa kalau akan ke luar kota. Kantong saya nggak akan mampu memenuhi “permintaan” karena kalau satu dikasih, yang lain enggak ya nggak enak juga.

Dan biasanya, saya akan ngeles dengan jawaban “Oleh-olehnya foto-foto doang. Lihat aja di Facebookku.”, jika sampai ada yang beneran nanya oleh-oleh. Yang kebagian kan paling hanya keluarga di rumah dan sebagian kecil tetangga.

Tapi kemarin lain. Selama 3 hari ke Jawa Timur tugas pekerjaan, pulangnya bisa nenteng oleh-oleh banyak banget. Belinya di Bogajaya, di bandara Surabaya. Jumlah terbesar selama ini dalam membeli, karena hampir 7 digit mata uang kita. Tentu saja bukan dari kantong saya, karena saya belum sekaya itu sampai bisa “membuang” uang sebegitu besar untuk sekedar oleh-oleh. Yeay!

Favorit saya adalah lidah asap. Ini kedua kalinya saya beli lidah asap. Satu buah lidah sapi utuh berukuran besar yang diasap. Paling enak ditumis cabe ijo. *nyaaamm* Lainnya, dua buah bandeng asap berukuran besar, otak-otak bandeng, dua buah bandeng duri lunak (ini kenapa semuanya bandeng ya?), krupuk keju, satu kotak besar lapis Surabaya, satu kotak pia mangkok khas Malang, krupuk teripang yang katanya mahal, satu plastik kripik paru Malang (dengan tepung), dan satu plastik kripik paru tanpa tepung khas Salatiga.

Padahal sebenarnya kalau disuruh memilih antara membawa oleh-oleh foto atau makanan, saya lebih memilih foto. Bisa dinikmati kembali lain waktu. Tidak habis dalam waktu singkat. Tapi apa daya, kan perginya bukan dalam rangka jalan-jalan pribadi.

Gimana dengan teman-teman, apa oleh-oleh terunik yang pernah dibeli?

36 thoughts on “Oleh Oleh Dari Surabaya

  1. Oleh- oleh unik dan menyenangkan adalah makanan khas/ hasil bumi penduduk setempat yang saya kunjungi. Sungguh sangat menyenangkan, mengandung nilai- nilai persahabatan dan pasti nggak merogoh dompet.. :mrgreen:

  2. Kalo yang bilang begitu, biasanya basa-basi, cuma buat menggoda yang pergi :p

    Kalo saya yang pergi, biasanya jarang bilang2, tapi pulang bawa cemilan. Ga banyak tapi cukup buat temen 1 ruangan 🙂

  3. kalau ada teman yg mau bepergian, bunda paling gak mau nanyain oleh2, takut malah jadi beban utk mereka, kan kasian…
    lagi pula dioleh2in cerita atau foto aja, udah seneng banget kok Mbak Nunik 🙂

    terimakasih ya Mbak utk oleh2 cerita dan foto2nya 🙂
    salam
    bunda lily selesai posting Setelah Rendang , Apa Lagi?

  4. Kalau kata Trinity, belikan saja semacam gantungan kecil. Kecuali untuk sahabat dan orang terdekat dirumah.
    Itu otak-otak bandeng masih enak Mbak? Bukannya otak2 enaknya pas dibakar dulu. Tapi bolehlah dicoba.
    Oleh2 terunik yang saya terima apa ya? Ga ada. Yang istimewa ada. Baju yang ukurannya pas. Itu rasanya seneng banget 😀
    Aditya Eka Prawira selesai posting Olahraga A La Adiitoo

  5. Sama mbak kejadiannya.. kalau aku tugas dinas udah pasti mikirin oleh2 buat orang kantor deh yg paling penting.. gak enak aja gt rasanya.. padahal aku plg males buat belanja oleh2..

  6. Saya juga kalau disuruh bawa oleh-oleh pasti ngeles… Masih teringat ketika beberapa waktu yang lalu saya ke Sidoarjo (ikut Kopdar Bogger Nusantara), rekan-rekan kantor minta dibawakan oleh-oleh dan akhirnya saya bawakan oleh-oleh lumpur lapindo
    bro eser selesai posting Kejamnya Mbah Google

  7. Saya bingung kalau disuruh beli oleh-oleh. Sebaliknya, kalau ditanya mau oleh-oleh apa jawabnya terima kasih, gak usah repot, didatangin aja sudah senang. 🙂

    Pernah dapat oleh-oleh dari Jogja, yang enak ya kripik paru, ceker tapi jangan yang keras ya, temulawak instan segarrrrr. Oleh-oleh dari Pontianak, yang segarrrr di tenggorokan Sengkit (minuman bahannya dari Jeruk kecil). Oleh-oleh dari Lampung, yang enak ya sambal Lampung pedasnya sedappp. Oleh-oleh dari Bandung makanan apa saja diterima dengan senang hati 😀 :D.
    Anto Dwiharja selesai posting Program Afiliasi dan Reseller Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge