Pengen Nokia N8 Untuk Kualitas Foto Yang Keren

Salah satu hobby saya adalah jalan-jalan. Meski nggak sering banget, tapi lumayanlah, kadang keliling-keliling kota tetangga atau sekedar nginep tidur di rumah keluarga yang ada di luar kota. Nah, alat yang paling tidak boleh tertinggal adalah kamera. Berhubung kamera saya kalau dipakai njepret foto sudah mulai blur, belakangan ini saya selalu pinjem punya adik saya. Kebetulan dia beli baru Lumix yang resolusinya 12MP. Sekali ambil foto, ukurannya bisa sampai 4,5MB gitu (4320×3240 pixels). Dan bikin bingung kalau mau upload ke blog karena ukurannya kegedean, harus diedit dulu supaya muat.

Yang namanya minjem, nggak bisa setiap saat dikasih, dong. Adakalanya jadwal bentrok. Saat saya mau jalan, eh, ternyata adik juga mau jalan. Bersungut-sungut deh, karena terpaksa hanya mengandalkan kamera dari hand phone yang resolusinya sangat kecil. Coba saya cek dulu, berapa besarnya ya? 😆 Pokoknya kualitas foto yang dihasilkan maksimal 1600×1200 pixels deh, sekitar 340KB.

Awalnya pengen beli kamera, biar kalau lagi dipakai sama yang punya, bisa tetep jalan-jalan tanpa harus pusing nyari kamera. Tapi, kalau ada yang gratisan, kenapa harus beli baru? Makanya saya kepikiran buat beli handphone saja, tapi yang sekalian kualitas kameranya prima.

Hayoo, diantara teman-teman semua, pada punya berapa handphone? Pasti jawabannya dua, tiga dan seterusnya. Saya cuma satu. Jadi masih wajar kan kalau pengen beli handphone lagi?

Makanya saya langsung Googling, nyari-nyari handphone yang memiliki kriteria seperti itu. Nemu beberapa sih, tapi sepertinya yang bagus Nokia N8 deh.

Nokia N8

Spesifikasi kameranya canggih banget nih:

  • Kamera 12 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss
  • Perbesaran 1/1.183” format sensor gambar pada optik
  • Jendela bidik 16:9 selayar penuh dengan parameter layar sentuh yang mudah digunakan
  • Lampu kilat Xenon dengan penghapusan red-eye otomatis
  • Perangkat lunak untuk pengenalan wajah
  • Autofokus
  • Panjang fokus : 5,9 mm (setara dengan 28mm sampai 35mm format film)
  • Angka F/Aperture: F2.8
  • Format file foto : JPEG/EXIF
  • Perbesaran hingga 2x (digital) untuk gambar
  • Perbesaran hingga 3x (digital) untuk video
  • Kamera kedua untuk panggilan video (VGA, 640 x 480 piksel)
  • Fitur settingan favorit
  • Menggunakan kontrol kamera manual untuk mengatur keseimbangan warna putih, mode pemandangan, kompensasi eksposure, nuansa warna, jendela bidik dengan grid, tingkat ketajaman, kontras, kontrol lampu kilat, sensitifitas cahaya(ISO), waktu hitung mundur, pengenalan wajah

Yang keren, kapasitas memori internalnya 16 GB dan masih bisa ditambah slot kartu memori microSD yang dapat ditukar selagi dipakai, hingga 32GB.

Ini handphone bagusnya buat fotografer profesional sih ya, bukan buat cewek gaptek seperti saya. Soalnya kemampuannya yang lain seperti: memberi tag lokasi otomatis (Geotagging) pada gambar dan video, mengambil gambar pada orientasi yang benar secara otomatis, memperbesar dengan merapatkan jari di penampil foto, melihat foto menurut kelompok tag, bulan, album, tayangan slide, dan berbagi secara online dengan konektivitas ke layanan berbagi yang populer, itu keren banget.

Mau lihat hasil gambar tangkapan Nokia N8? Seperti ini nih. Mantap kan? Mantap kan?

Nokia N8

Oya, kalau mau lihat lebih lengkap spesifikasinya sih ke halaman ini aja.

Nokia N8

Nokia N8

Selain kualitas kameranya yang sangat bagus, Nokia N8 juga mampu dapat merekam video high-definition, dan fitur musiknya juga mantap, dilengkapi dengan radio FM.

Truuuus, berapa harganya? Ternyata oh ternyata, di salah satu outlet resminya, dibanderol Rp. 4.950.000,- (per 5 November 2010). Hwaaa, belom mampu beli sekarang! *buang dompet kosong*

Ada yang mau beliin?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

39 thoughts on “Pengen Nokia N8 Untuk Kualitas Foto Yang Keren”

  1. Tulisannya seperti review produk Nokia aja khususnya Nokia N8, semoga Nokia Indonesia lirik artikel ini dan berbaik hati memberi secara gratis he he

  2. Aku udah pernah megang2 plus nyoba putu2 pas pameran 😀
    Emang keren banget Touch Screen nya

    Tapi emang Mba, mending beli Kamera Digital aja karena harganya mahal pisan

    1. Itu prinsip saya dulu, dokter. Lama-lama ya agak gerah juga kalo terlihat ndeso. Apalagi, online setiap saat kan udah jadi kebutuhan ya.. Kalau hanya bisa nelpon dan sms, gimana dong?

  3. disini rada murah 200ribu an maunya tuker tambah ama E72 aku, tapi aku mau tunggu lagi sebulan biar harganya rada turun sedikit apalagi kalo sudah ada second nya..heee…ngiler ama kameranya dan HD videonya itu..
    boyin selesai posting Nggandul euy!

  4. duerrrrr harganya itu loh nggak nahann.. kalau saya sih dengan harga segitu sekalian beli kamera DSLR yang murah meriah sekalian bisa belajar fotografi.. kalau DSLR dirasa agak gede dan merepotkan ya bisa ambil kamera prosumer. segede-gedenya resolusi kamera handphone kualitasnya tetep nggak sebagus kamera pocket yang memang khusus buat jepret-jepret..
    Tri Setyo Wijanarko selesai posting Siapkan Liburan Anda- Kursi Gratis AirAsia 2010 Datang Lagi Loh!!

  5. tag kira tadi ini lomba buat dapetin nokia… ternyata review thoo… hehehhehehe
    moga2 bisa beli ya kak…
    sebenernya ku juga pengen… tapi gag ada duid 🙁
    *bermimpi mode on
    yuni selesai posting Bismillah

  6. hallo aga-agan semua…

    gw mau jual Nokia N8. 99% mulus banget warna hijau, lengkap semua ( original )…

    gw buka harga 3.7.JT ( nego dikit )…

    foto bisa liat d’www.tokobagus.com

    COD d daerah jakata… gw di daerah jakarta barat…

    yang berminat hub 087771270272..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge