Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Pertama-tama, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan.

Sudah? Sekarang bayangkan kita tengah mengunjungi sebuah pameran lukisan yang dihelat besar-besaran. Seluruh seniman dari penjuru negeri berkumpul di satu tempat dan kita berkesempatan melihat-lihat hasil karya mereka di stand-stand yang didesain unik oleh sang seniman masing-masing. Mereka mendekorasi stand seatraktif mungkin tuk memikat pengunjung dan tak lupa meletakkan brosur katalog hasil karya terbaru mereka untuk dilihat-lihat di pintu masuk.

Sudah tergambar bayangannya? Ok, berikut adalah laporan pandangan mata yang berhasil diliput oleh DarinHolic TV di acara Blogwalking Hari Ini:

Stand satu, di sebelah timur:
Kita melintas dan desain stand-nya cukup representatif. Lalu kita memutuskan tuk singgah sebentar dan sebelum masuk kita melihat-lihat sebentar katalog karyanya. Ups, ini kan karya-karya jaman dulu? Ngga ada karya terbaru tho? So, kita lanjut berjalan ke stand berikutnya.

Stand dua, beberapa meter ke arah utara:
Ampun, desain stand-nya berantakan sekali! Banyak pernak-pernik aneh bertebaran dan mengganggu pandangan. Sempat juga melihat katalognya, dan sepertinya hasil-hasil karyanya oke dan up to date. Tapi berhubung dah ill feel duluan dengan tampilan stand yang menghilangkan selera, jadilah kita urung tuk masuk ke dalam.

Stand tiga, sebelah warung mie ayam:
Wow, keren! Stand-nya teduh, polos dan sepertinya bergaya minimalis. Tak butuh waktu lama, kita pun terpikat tuk menengok brosur katalog karya2 sang seniman. Hmm, aduh ini lukisannya terlalu berat tuk dicerna. Bisa migren deh kalau lama-lama nongkrong di sini. Lanjut, ah!

Stand empat, persis di tikungan menuju wahana Kincir Air:
Kita melongoBuset, stand ini sepertinya yang membuat adalah seorang maestro. Sangat unik dan ngga biasa. Tapi, lho, gimana cara masuk stand-nya nih? Wah, wah, jangan-jangan stand ini dibuat untuk kesenangan si seniman sendiri kali ya? Kita dibuat puyeng dengan jalan masuk stand-nya yang berliku-liku, dan sebelum varises di kaki menjadi semakin parah, kita pun ngacir menuju stand lainnya.

Stand lima, bergeser sejengkal ke arah timur:
Stand apa ini? Kok mirip papan iklan? Sorry, lewat!

Stand enam, turun sedikit lewat kolam bebek:
Oh, asyiknya. Kita berdecak kagum dengan desain stand-nya yang oke punya. Ini baru sip. Dengan sukacita, kitapun melihat-lihat katalog hasil karya sang seniman. Yup, oke deh, mari kita masuk ke dalam tuk menikmatinya lebih jauh. Dan persis saat langkah kaki menggantung di pintu masuk,..jreeeng sya lala lala! Kita terlonjak kaget. Musik apaan nihOh, pleaseGet out!

Stand tujuh, beberapa blok ke selatan:
Hebat, stand-nya ciamik. Koleksi karya-karyanya pun terlihat mengagumkan dan terasa beda banget sama yang lain. Yup, asyik juga nih berlama-lama nongkrong di dalam.  Tapi, hmm.. dimana gerangan yang punya ya? Ngga ada akses tuk mengetahui seniman di belakangnya. Sarana untuk kontak juga nihil. Mendadak semua bulu-bulu mulai merinding, dan sebelum dilanda parno akut, kita bergegas ambil langkah seribu *hiiiiy*

Stand delapan…
Ah, kita sudah capek. Dan tepat sebelum matahari tenggelam di peraduan, kita pun memutuskan tuk menjelajahi stand-stand yang lain di keesokan hari.

Epilog

Bagaimana jika pameran itu adalah blogosphere dan stand-stand yang berdiri tuk dikunjungi itu adalah blog Anda? Apakah Anda cukup memahami kondisi psikologis para pengunjung yang datang?

Well, sebagai blogger, tentu kita bebas menentukan tampilan yang pas untuk menampung semua sisi, baik konten, gaya personal maupun ruang untuk berinteraksi dengan pembaca. Namun apakah pas yang kita rasakan itu sama dengan yang dirasakan oleh pengunjung? It’s okey to be different, tapi jangan sampai membuat pengunjung terkena sindrom blogwalking lho ya *hehe*

Oh ya, bagaimana kesan Anda dengan stand yang sedang Anda lihat sekarang di Isnuansa.com ini? icon biggrin Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Darin, boleh juga lho follow twitternya @darinholic kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Comments
  1. 3 years ago
  2. 3 years ago
  3. 3 years ago
  4. 3 years ago
  5. 3 years ago
  6. 3 years ago
  7. 3 years ago
  8. 3 years ago
  9. 3 years ago
  10. 3 years ago
  11. 3 years ago
  12. 3 years ago
  13. 3 years ago
  14. 3 years ago
  15. 3 years ago
  16. 3 years ago
  17. 3 years ago
  18. 3 years ago
  19. 3 years ago
    • 3 years ago
    • 3 years ago
  20. 3 years ago
  21. 3 years ago
  22. 3 years ago
  23. 3 years ago
  24. 3 years ago
  25. 3 years ago
  26. 3 years ago
  27. 3 years ago
  28. 3 years ago
  29. 3 years ago
  30. 3 years ago
    • 2 years ago
  31. 3 years ago
  32. 3 years ago
  33. 10 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge