Senangnya Punya Theme Baru

Sudah dua tahun lebih saya pakai theme yang dahulu. Beberapa waktu lalu, theme lama dengan sidebar di sebelah kiri itu rusak karena hilang seluruh kode html di bagian sidebar.php sehingga blognya tak memiliki sidebar.

Beruntung saya punya twitter dan sudah aktif di sana. Saya update status dan langsung ada yang sanggup membantu saya mengedit template yang rusak tersebut.

Sambil mengedit, Satrya akhirnya menawarkan untuk membuatkan saya sebuah template blog! Dan jadilah theme saya yang sekarang ini.

Theme Keseluruhan

Isnuansa.Com menggunakan isnuansa maharani, theme dua sisi yang sederhana, saya suka. *pamer, pakai theme dengan nama sendiri* Pilihan warna background putih juga menurut saya lebih bagus jika dibanding warna lainnya. Aksesoris yang ditambahkan di sidebar tidak terlalu banyak, sesuai dengan fungsinya. Saya cenderung menganut aliran yang sederhana, demi kenyamanan pembaca dan kecepatan akses blog itu sendiri.

Header

Header blog lama sengaja masih dipertahankan. Salah satu tujuannya supaya pembaca nggak terlalu terkaget-kaget dengan perubahan yang ekstrim. Saya sendiri juga bukan tipe yang bosenan, terbukti template yang lama saya pakai lebih dari dua tahun, nggak ada masalah bagian header masih pakai yang lama.

Update: Ternyata ya, kata Satrya, header saya itu baru. Yang dipakai hanya logonya aja, dan Satrya setengah mati ngedit bikin headernya. Maaf ya Satrya, salah sangka. (Minggu, 26 September 2010, 00:50)

Sidebar

Sampai saat ini hanya ada beberapa item di sana, akun social media, postingan dengan komentar terbanyak, tulisan yang dipilih secara acak, update twitter, komentar terkini dan blogroll para guest blogger yang pernah menulis untuk saya.

Yang tidak ada di sidebar saya namun biasanya ada pada sidebar kebanyakan blogger adalah banner iklan (mungkin menyusul, hayo siapa yang mau iklan di blog ini?), meta dan statistik blog.

Saya menginginkan memang tidak terlalu banyak aksesoris yang dimasukkan ke dalam bagian yang satu ini, dan hanya menambahkan yang benar-benar berguna saja.

Footer

Ini benar-benar bagian yang paling sederhana. Saya nggak menaruh apapun pada bagian itu. Jelaslah dapat dilihat di footer, siapa desainer template blog saya ini. Yap, Satrya! Ada yang mau pesan
template? Silahkan kontak langsung.

Logo dan Slogan

Hehe, bisa dibilang saya nggak punya logo blog ya.

Slogan atau tagline blog juga masih tetap: “murni curhatan isnuansa“, berharap apapun yang saya tulis, masih masuk dalam kategori curhat.

Favicon

Favicon saya juga masih memakai yang lama. Tak perlu diganti karena itu salah satu dari brand blog ini.

Favicon ini lumayan penting, dan berguna jika kita membuka banyak sekali tab dalam satu browser, dengan hanya melihat favioconnya saja, kita sudah bisa mengenali sebuah blog. Semakin banyak tab yang dibuka,
bisa jadi yang kelihatan hanyalah favicon blog kita.

Homepage

Halaman home isnuansa dot com menampilkan 8 tulisan terbaru. Semuanya ditampilkan secara partial dan untuk membaca tulisan lengkap perlu mengklik read more. Jumlah 8 tulisan apa nggak terlalu banyak ya?

Navigasi untuk menampilkan halaman postingan yang lebih lama di bagian bawah dengan menggunakan angka.

Single Page

Atau biasa juga disebut dengan inner page, sepertinya mantap. Nggak ada masalah menurut saya. Ok punya.

Update: *Dieeengg* Saya lupa! Kalo sekarang ada Artikel Terkait di bawah tulisan saya, dan ada thumbnail-nya pula! Mantaaapp! Makasih Satrya. Meski belom ada angka pastinya, sepertinya page view saya bakalan naik deh. icon biggrin Senangnya Punya Theme Baru (Minggu, 26 September 2010, 01:02)

Halaman

Saya memiliki beberapa halaman tersendiri, yaitu Tentang Saya, Arsip Tulisan, TOS (yang mungkin dalam waktu dekat akan diganti dengan tata cara beriklan banner di blog saya :p) dan syarat menjadi Guest
Blogger.

Gambar

Ada baiknya, memang beberapa postingan ditambahkan gambar. Saya sengaja meminta Satrya agar setiap tulisan muncul thumbnail-nya, sehingga menambah daya tarik pengunjung untuk mengklik tulisan.

Banyaknya gambar sedikit banyak tentu mempengaruhi loading speed blog ini menjadi lebih lama.

Navigation Controls

Semua berfungsi dengan baik. Pembaca mudah-mudahan gampang menemukan apa yang mereka cari di blog saya tanpa kebingungan, meskipun baru pertama kali datang.

Font

Selera saya tetap. Georgia rocks! Pilihan warna hitam (cmiiw) sepertinya memang paling baik ya, daripada warna lain.

Commenting

Mudah berkomentar dan cepat. Berkomentar enak, setelah membaca, bisa langsung menuju formulir komentar, atau bisa juga membaca yang telah lebih dulu masuk.

Feed

Saya menawarkan dua macam cara berlangganan, melalui email dan feed yang ada di pojok kanan atas.

Plugin

Plugin apa saja yang saya gunakan saat ini? Nih bocorannya:

1. Akismet
2. All in One SEO Pack
3. Broken Link Checker
4. CommentLuv
5. Google Analytics for WordPress
6. Google XML Sitemaps
7. jQuery Lazy Load Plugin
8. MobilePress
9. SEO Friendly Images
10. WP CSS
11. WP Smush.it

Beberapa plugin ditambahkan oleh Satrya, yang sebelumnya belum pernah saya pakai, diantaranya plugin-plugin untuk SEO.

Social Media

Saya mengintegrasikan social media ke dalam blog. [Alamat akun Facebook, Twitter dan lainnya]. Twitter bahkan secara real time updatenya masuk ke blog. icon smile Senangnya Punya Theme Baru

Valid XHTML?

Bagian ini saya nggak ngerti deh. Tapi cap itu terpasang di blog ini, benarkah valid?

~~~

Udah ya Satrya, segini aja dulu reviewnya. Ini baru sebatas review pada penampilan fisik blognya saja. Yang pasti saya suka dengan tampilan ini. Untuk yang lainnya (pengaruh terhadap trafik, page view,
bounce rate dan lain-lain setelah perubahan template, jika ada), secara bertahap pasti akan saya tulis. Mudah-mudahan ada gunanya. Sukses ya, dengan desain template selanjutnya! Follow twitter @SatryaWp jika ingin dapat tips-tips seputar WordPress.

Pembaca blog saya ada saran untuk perbaikan blog saya nggak?

Comments
  1. 4 years ago
  2. 4 years ago
  3. 4 years ago
  4. 4 years ago
  5. 4 years ago
  6. 4 years ago
  7. 4 years ago
    • 4 years ago
  8. 4 years ago
  9. 4 years ago
  10. 4 years ago
  11. 4 years ago
  12. 4 years ago
    • 4 years ago
    • 4 years ago
  13. 4 years ago
    • 4 years ago
    • 4 years ago
      • 4 years ago
  14. 4 years ago
    • 4 years ago
      • 4 years ago
      • 4 years ago
        • 4 years ago
          • 4 years ago
  15. 4 years ago
  16. 4 years ago
  17. 4 years ago
    • 4 years ago
  18. 4 years ago
  19. 4 years ago
  20. 4 years ago
    • 4 years ago
      • 4 years ago
  21. 4 years ago
    • 4 years ago
  22. 4 years ago
  23. 4 years ago
  24. 4 years ago
  25. 4 years ago
  26. 4 years ago
  27. 4 years ago
  28. 4 years ago
  29. 4 years ago
  30. 4 years ago
  31. 4 years ago
  32. 3 years ago
  33. 2 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge