Strategi Mendapatkan Penghasilan Sebagai Penulis Konten Online

Blogging merupakan aktivitas yang didasari dari hoby dan sharing. Sehingga terdapat beragam jenis blogger. Ada blogger yang aktif dalam membangun toko online, mereka akan menghasilkan uang dari berjualan produk di internet. Di lain sisi, ada pula blogger yang memiliki skill HTML, mereka memang ahli dalam hal web sehingga bisa menghasilkan uang dengan mengerjakan proyek desain web.

Namun ada pula blogger yang hobi-nya hanya menulis dan berbagi pengalaman, dia tidak mahir membuat toko online, ataupun membuat web, ia juga masih terlalu awam untuk bisa masuk dunia adsense. Lalu bagaimanakah nasib blogger bertipe penulis ini? Apakah tidak ada harapan untuk bisa hidup di dunia blogging?

Sebenarnya saya ingin memulai ini dengan menyebutkan nama-nama blogger sukses yang melejitkan namanya sebagai penulis konten yang handal. Tetapi saya urungkan niat itu, dan memutuskan untuk berbagi pengalaman saya.

Saya akan membeberkan strategi saya dalam menghasilkan uang sebagai penulis konten. Berikut ini langkah-langkahnya:

Buat Blog Yang Berperingkat Alexa Bagus

Membuat blog ialah sesuatu yang pertama dan mutlak harus dilakukan jika ingin mejadi penulis konten. Memang pada dasarnya nanti kita hanya akan menuliskan konten untuk orang lain, tetapi kita perlu blog untuk branding diri kita.

Tujuan dari membuat blog berperingkat Alexa bagus ialah agar orang yang akan menggunakan jasa kita yakin dan percaya bahwa konten yang kita buat itu berkualitas. Ini juga membuktikan bahwasannya kita produktif dan komitmen dalam menulis di blog.

Dalam hal ini saya merekomendasikan untuk membuat blog dengan tema khusus, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan visitor dan alexa rank yang bagus.

Perluas Jaringan Dengan Blogger-Blogger Senior

Memperluas jaringan dengan blogger-blogger senior ialah salah satu cara paling ampuh dalam belajar blogging.Β  Seraplah sebanyak mungkin tips-tips dari mereka, mereka yang berpengalaman lebih telah merasakan bagaimana menghasilkan uang melalui blogging.

Biasanya blogger-blogger senior ini memiliki banyak blog yang harus di-update setiap harinya, maka itu juga menjadi kesempatan untuk menawarkan jasa menulis konten kepada mereka.

Bergabung Dengan Komunitas

Sebagai seorang blogger yang ingin sukses kamu harus terus belajar dari orang lain. Cara belajar lainnya ialah dengan bergabung ke group blogger yang aktif untuk sharing tips dan trik.

Ini akan meningkatkan kemampuan blogging-mu dan penulisan kontenmu. Di group ini juga kamu bisa mendapatkan banyak tawaran untuk menulis konten. Saya sendiri banyak
mendapatkan tawaran dari group FB.

Mulailah Berani Menerima Orderan

Ketika Alexa Rank kamu sudah mencapai peringkat 2 jutaan, maka sekarang kamu telah siap menerima orderan konten dari orang lain. Mulailah menawarkan jasamu!

Ada seseorang teman yang mengeluh perihal dia yang merasa telah menulis cukup banyak di internet tetapi tidak juga mendapatkan tawaran menulis. Ini karena memang dia mengharapkan tawaran itu datang, padahal tawaran ini bisa dijemput.

Beberapa orang memang mendapatkan tawaran menulis konten ini ketika blognya sudah cukup bagus. Tetapi kalau kamu tidak mendapatkan tawaran menulis itu maka tawarkanlah jasamu.

Ambil Orderan Semurah Apapun

Orderan yang saya dapatkan saat pertama kali menulis konten ialah 2500 per artikel sebanyak 300 kata. Saya akan menghabiskan 5 jam penuh untuk membuat artikel ini, dan hasilnya 10 artikel. Sehingga saya dapat menghasilkan 25.000 perharinya. Sangat murah saya rasa, tetapi ini adalah awal yang baik, karena saat ini anda telah menjadi penulis berbayar!

Tingkatkan Kuantitas Tulisan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, di awal karir menulismu ini, kamu akan dibayar dengan murah. Maka cobalah untuk meningkatkan kuantitas tulisanmu, sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang.

Meningkatkan kuantitas menulis juga merupakan latihan yang secara langsung akan memperbaiki kualitas tulisanmu.

Tingkatkan Kualitas Tulisan

Menulis di blog itu selain untuk menghadirkan informasi kepada pembaca tetapi juga untuk mendatangkan pembaca. Salah satu cara mendatangkan pembaca dengan tulisan yang kita buat ialah jika tulisan kita memenuhi SEO.

Maka belajar tentang SEO akan sangat mendukung karir menulis anda. Banyak sekali blogger yang menginginkan konten yang kualitas SEO-nya tinggi, tidak lain ialah untuk mendatangkan banyak visitor.

Meningkatkan kualitas tulisan akan mebuat jasa menulis kita dihargai lebih. Jika awalnya mungkin tulisan anda hanya dihargai 2500, maka ketika kualitasnya semakin baik, anda bisa menawarkan jasa menulis anda dengna harga Rp. 5000-10.000 per- artikel. Lumayan bukan?

Ikuti Banyak Lomba Menulis di Blog

Ini adalah hal yang saya lakukan belakangan ini. Hunting lomba! Saya mendapatkan beberapa orang yang tulisannya sudah mencapai Rp. 300.000 per- artikel. Harga itu diberikan karena mereka sudah sering memenangkan kontes menulis di blog. Jadi secara logika, kualitas tulisan mereka telah teruji sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Tetap Kembangkan Blog Pribadi Anda

Jangan sampai blog yang mengawali karir menulis kita ini malah terlantar karena kita sibuk mengisi konten orang lain. Blog pribadi anda harus terus di update setiap harinya. Ini dalam rangka mendapatkan Alexa Rank yang bagus yang akhirnya membuktikan kualitas anda sebagai blogger.

Demikian strategi saya dalam menghasilkan uang dari menulis konten blog. Tulisan ini dibagikan untuk anda yang gemar blogging tetapi tidak tahu cara berbisnis maupun coding HTML, ini untuk anda yang berjiwa penulis.

~~~

Guest Post oleh:

M. Mahfuzh Huda

Kontributor tetap di www.mystupidtheory.com

25 thoughts on “Strategi Mendapatkan Penghasilan Sebagai Penulis Konten Online

  1. Tips yang bagus bu Nunik, Saya jadi bersemangat lagi menulis blog…Saya juga merasakan banyak manfaat dari menulis blog. Awalnya memang saya hobi menulis dan mengirim tulisan ke media. Saya bisa merasakan honor yang lumayan tinggi, apalagi jika tulisan kita dimuat di media nasional. Tapi, di luar itu, aktivitas blogging ternyata juga menghasilkan uang. Terus terang, saya termasuk gagal di Google Adsense, tetapi pernah dua kali menerima bayaran. Saya juga pernah menerima order tulisan, semua berkat aktivitas ngeblog. Jadi, penghasilan kita sebagai penulis blog itu ada dua jenis; secara online dan offline. Secara online misalnya, kita menerima order menulis review, google adsense dan juga berjualan link, sementara offline kita menerima pesanan tulisan, diundang berbagi tips menulis dan sebagainya. Intinya, jika kita konsisten dengan bidang yang kita geluti ini, saya yakin kita akan menerima hasilnya.
    Taufik Al Mubarak selesai posting Penyelamatan Aceh

  2. Mba, kenapa ya ranking alexa ku tiba-tiba nge-drop padahal aku baru saja update alias posting artikel baru… :'( Dan ngedropnya tuh gak kira-kira… Masa dari 8 jutaan langsung terjun bebas ke 13 juta, dan sekarang getting worse, terdampar di angka 17 jutaan?

    Oh, apakah salah hamba??? Mohon petunjuk, suhuuu…
    Tatang Tox selesai posting Coloring Competition di Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge