Teknik Menemukan Pembaca Blog Yang Loyal

Setelah kita selesai menulis [tentunya tidak mudah kan usahanya?] pada akhirnya kita ingin ada orang lain yang membaca tulisan kita. Jika tidak menginginkan orang lain membaca, lebih baik nggak usah buang waktu membuat blog, beli saja buku harian yang ada kuncinya, dan simpan di dalam laci Anda. 😉

Awalnya, ada satu orang saja yang bersedia membaca dan meninggalkan komentar, hati kita sudah berbunga-bunga. Lama-lama, kita ingin meningkatkan jumlah pembaca dan pengunjung blog kita, bukan? Aturan yang paling mendasar dan berlaku setiap saat adalah: tulislah sesuatu yang berguna, maka orang akan membacanya.

Meskipun Anda menulis sesuatu yang bagus dan berguna, dalam dunia blog, jika Anda hanya terus menulis saja, paling-paling ya hanya beberapa gelintir yang memperhatikan. Perlu beberapa teknik agar tulisan Anda ‘ditemukan’ oleh orang lain dan menjadi lebih ‘dikenal’.

Urutan teknik yang telah saya lakukan adalah dengan:

1. Tulis Beberapa Artikel Utama Lebih Dahulu

Tidak semua tulisan kita memiliki bobot yang sama. Adakalanya kita hanya menulis informasi yang nggak penting, atau tulisan ringan lainnya saja. Artikel utama blog yang bisa Anda tawarkan adalah sesuatu yang biasanya berupa tips, tutorial, saran atau pengetahuan yang Anda kuasai yang bisa dimanfaatkan oleh pembaca blog Anda.

Tulisan jenis ini lebih bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama, tidak ‘cepat basi’ dan bukan berupa berita. Semakin banyak Anda memiliki jenis tulisan seperti ini akan lebih bagus.

Apalagi jika blog Anda masih baru, usahakan untuk menulis setiap hari. Bukan berarti setiap hari harus menulis artikel utama, tetapi pastikan Anda telah memiliki ‘cukup’ stok untuk ditawarkan kepada pembaca.

2. Mulai Berkomentar Di Blog Lain

Ya, ini masih menjadi hal yang ampuh untuk memberitahukan kepada ‘lingkungan’ tentang keberadaan Anda. Jika Anda tidak pernah memperkenalkan diri, orang tidak akan tahu rumah Anda berada di mana.

Pada saat berkomentar, Anda diijinkan untuk menuliskan alamat blog Anda di salah satu kolom isian. Dan dari link tersebutlah, orang akan mulai menuju ke blog Anda.

3. Berikan Trackback

Ini sudah sukses saya praktekkan. Saya menulis 14 tipe tulisan, dengan masing-masing memberikan trackback menuju tulisan blogger lainnya.

Trackback akan lebih efektif mengundang pembaca mengunjungi blog Anda lebih dari sekedar Anda meninggalkan komentar di blognya. Kenapa? Blogger lain tertarik dengan apa yang orang lain tulis mengenai dirinya.

Berikan link menuju salah satu tulisan blogger lain. Link Anda itu akan memberikan trackback, ringkasan kalimat dari postingan Anda, di kolom komentar blogger tersebut. Hal itu tentunya akan menarik perhatian pemilik blog, dan tidak jarang, pembaca lain dari blog tersebut.

Contoh lain dan modifikasi dari teknik ini adalah pemberian Award di antara sesama blogger. Biasanya pemberi award akan ‘mengundang’ blogger lain yang menerima award dengan memberikan trackback, -meminta perhatian-, lantas si penerima akan memposting di blognya masing-masing.

~~~

Sengaja, saya tidak memasukkan teknik SEO [search engine optimization] dan submit ke direktori [mendatangkan pembaca melalui referal], karena mereka biasanya bukan pembaca yang loyal.

Atau, Anda memiliki teknik yang lain yang saya belum tahu?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

35 thoughts on “Teknik Menemukan Pembaca Blog Yang Loyal”

  1. wah, dari 700 pengunjung hari ini 83% pengunjung baru… berarti cuma sekitar 17% pengunjung yg balik lagi… 🙁 Berarti belum ada pembaca yg loyal 😕

    Yg jadi masalah, mba! Ternyata susah menemukan blogger yg satu tema (niche). Kebanyakan mereka yg saya temui, ngeblog secara individualis.

    Kadang saya iri, dengan blogger2 yg memiliki jaringan yg kuat semacam blogger yg mengangkat tema tips blogging dan bisnis online. Kebanyakan dari mereka sudah membentuk sebuah komunitas yg kuat…
    .-= loekas gentara selesai posting Kado Valentine Romantis Buat Pacar (cewek) 2010 =-.
    ~~~
    Ya, seperti yang pernah saya tulis, berteman dengan blogger satu niche juga salah satu hal yang penting. Cari dan temukan. Saya sekaligus mo minta maaf ya, karena saya nggak terlalu tertarik dengan niche yang kamu bikin, makanya saya jarang dateng dan berkomentar. Bisa maklum kan? 😉

  2. Ok banget tips/tehnik menemukan pembaca yang loyal Mba. saya tidak punya cara lain. cara tersebut, sudah cukup dan sangat layak untuk di praktekkan.

    Saya cukup mengalami kesulitan, terutama karena desain blog saya yang campuran kaya pecel saja. Jadi semacam tidak ada tulisan utama. apa saja di tulis, kadang juga malu sendiri, apa2 kok di tulis. dari sini saja, saya meras, tak mungkin membuat pengunjung loyal, karena tidak ada identitas, ciri khas yang jelas pada tulisan2 saya hingga memuat mereka tak mau kembali lagi.

    Mungkin saja, mereka kembali lagi, karena saya mengunjungi blog itu, sehingga mereka meras terbebani kalau tidak mengunjungi balik. Jadi lebih karena ke faktor kasihan, atau balas kunjung. bukan karena loyalitas karena banyak sesuatu yang di ambil dari sana.

    selamat mengawali bulan Februari 2010 Mba 😆
    ~~~
    Waduh, pagi-pagi sudah menerima sapaan hangat dari Mas Badruz.. Jangan pesimis gitu dong ah, biar bagaimanapun, setiap blog memiliki pengunjung loyal. Ada kan, yang setiap saat Mas Badruz bikin tulisan, selalu menyempatkan berkunjung. Seperti Mas Dasir, misalnya, setelah bertemu [kopdar], itukan pengunjung loyal juga. Cuma masalah jumlahnya saja yang belom banyak…

    Tetep semangat, Mas!

  3. hehe, ini judul harusnya mendapatkan… bukan menemukan. tak kirain menemukan berdasarkan frequently ip address yang sering masuk di log file. 😆
    ~~~
    Saya belom berani nulis soal begituan Bang, soalnya banyak yang masuk ke sini dengan menyembunyikan IP aslinya dan membuat ‘onar’, hahaha….

  4. Selamat siang,Mba.
    Saya masih belajar dari sini,Mba.
    Tidak bisa komentar.
    Latihan menulis dululah dan berusaha sedapat mungkin utk menjadi pengunjung yg loyal.
    Terimakasih tipsnya,Mba.
    ~~~
    hihihi, jadi malu, Bapak berusaha jadi pengunjung yang loyal…

  5. saya cuma mengandalkan tips yang nomer dua mbak..
    btw masukin tulisan ke dig, lewat facebok dan twitter juga bisa nambah pengunjung deh
    .-= fanz selesai posting World Cup Offical Song =-.
    ~~~
    Saya belom memaksimalkan sosial media, Fanz.

  6. saia udah mulai menerapkan tipsnya siyh, mbak…
    cuma kalo memberikan trackback saia krg ngerti caranya…hehehe
    ~~~
    Hmmm, ada kolomnya di bawah kolom menulis postingan baru. Tinggal masukin URL blog yang akan kita kasih trekbek ajah 😉

  7. gue temasuk pembaca loyal disini loh…
    blogger yang selalu gue blogwalkingi(anah bgt kata2 gue, hehe) gue sebutin sekalian deh… mas elmoudy, mas shalimow, bang zia, mas haries, brow deka, brow nugra, isnuansa, teh susu, brow heru kurniawan, kelly amareta, kenanga(hiatus), dan tmn2 blogger bengawan dunk, eh satu lagi bini gue kelupaan, si bebek (neng edda) xixixixixi… kmntar gue nymbung ngga nie, hehe..
    ~~~
    Say, blog barumu kok susah dibuka ya? Bukan maksudku nggak maen ke sana lho… Nanti malem aku coba lagi deh.

  8. Yups. Ketiganya cukup jitu kok menurut pengalaman saya. Cara lain tentu saja dengan melihat menu top komentator (jika kita memasangnya). Walaupun belum tentu pembaca loyal itu pasti meninggalkan komentar.

    Pembaca loyal dari mesin pencari juga sangat terbuka kemungkinannya, walaupun kita sulit mendeteksinya. Feeling saya, blogspot saya kok kayaknya ada pembaca loyal dari google yach :mrgreen: (*narsis*)
    .-= iskandaria selesai posting 4 Trik Menghindari Copas Mentah yang Bisa Anda Praktekkan =-.
    ~~~
    Narsis dot com itu hukumnya wajib! :mrgreen:

  9. Dulu awalnya (dan mungkin sampai sekarang), saya menulis blog sekadar melepas unek-unek saja.

    Kalau ada yang kebetulan “tersesat” dan nyasar ke blog saya oleh karena Om Google, yah…, itulah pembaca blog saya 😆
    .-= Cahya selesai posting Lenyapkan Plagiator Blog Ala Houdini =-.
    ~~~
    Jadi, yang paling utama dilakukan adalah Optimasi Mesin Telusur, Bli? 😉

  10. info bermanfaat, so blog saya baru 2 ampe 5 pengunjung per hari 😡

    salam
    .-= ofaragilboy selesai posting SALINCOPAS : Meracuni Diri Sendiri =-.
    ~~~
    Makasih sudah mampir…

  11. tips yang sangat menarik Mbak nunik kadang saya asal tulis saja he he. Saya harus memulai dengan beberapa kaidah seperti di atas supaya blog saya menarik.
    Trims atas tipsnya.
    Salam hangat selalu 🙂
    ~~~
    Kang Yayat juga suka merendah niy…

  12. wah, belum tau ada gak ya pengunjung loyal di blog saya.
    mungkin krn isinya masih gado2 , pecel dan karedok ya he..he…
    tips2 diatas telah dipraktekkan sih, Mbak.
    salam.
    .-= bundadontworry selesai posting Kulitnya ikut dimakan. =-.
    ~~~
    Halah, Bunda ini bisa aja merendah. Lha wong, pengunjungnya jauuuh lebih banyak dari pada blog ini gitu, lho…

  13. salam kenal dari newbie blogger mba :mrgreen: saya ingin mempraktikan tip no dua “mulai berkomentar di blog lain”. hehe… mungkin lain waktu saya akan praktikkan juga tip no tiga 😉
    ~~~
    Monggo…

  14. semoga ada pembaca loyal di blogku, yang betul2 tertarik akan cerita dan apa saja yang kubagi di sana. mungkin dia tak berkomentar, namun aku bahagia karena pembaca itu datang dari mana saja.
    silahkan mampir mba.. walau tak berkomentar, paling ngga mba nuni sudah melihat isi ‘rumah’ku 🙂
    .-= yani selesai posting Kenali Kartu Anda =-.
    ~~~
    Insya Allah saya mampir, Mbak Tri…

  15. waahhh tekniknya brilliant bgt..patut di tiru dan di praktekin…
    pakabar mbak?

    salam, ^_^
    .-= Didien® selesai posting Cita-Cita =-.
    ~~~
    Kabar baik, Mas. Tapi nggak terlalu baik juga sih sebenernya…

  16. jujur..ketika saya menulis di blog saya..saya hanya berharap orang itu mau menghargai tulisan sederhana saya..tp kadang² kenyataannya lain.. 🙁
    .-= Caride™ selesai posting Maksa Banget =-.
    ~~~
    Cara orang lain menghargai itu bisa berbeda-beda lho. Ada yang meninggalkan komentar sebagai bentuk penghargaan, tetapi ada yang memilih untuk tidak berkomentar sebagai penghargaan dari pada dipaksakan dan malah menjadi OOT. CMIIW.

  17. saya selalu berusaha membaca tulisan di blog lain, krn saya berharap org lain membaca tulisan saya yg kadang² tidak penting isinya…
    .-= d-Gadget™ selesai posting Sony Ericsson Vivaz, Penerus Xperia X10 =-.
    ~~~
    Hmmm, kapan ya saya bisa maen?

  18. yups, saya tau itu.

    Sy juga ke sini tujuannya untuk nyari tips2 mengenai blogging..!

    Karena tips dari sini terbukti ampuh and bermanfaat buat blogger nyubi dan selalu ingin mencari hal2 baru kaya saya.. :mrgreen:

    Sy juga sudah mulai mencari blogger yg satu niche. Meski sampai sekarang cuma ada beberapa..! Tapi saya yakin suatu saat nanti sy akan menemukan komunitas itu..! 😎

    Doakan saja, hehe 😀
    .-= loekas gentara selesai posting Kado Valentine Romantis Buat Pacar (cewek) 2010 =-.
    ~~~
    Blognya Helda Remaja tuh, sepertinya satu niche. Googling sendiri ya alamatnya, nggak hafal, xixixi…

  19. Bundo engga yakin punya pembaca yg loyal, yang ada itu adalah anak-anak yang kasian klo si Bundo posting engga ada yang ngomentarin :mrgreen: **enaknya klo orangtua ngeblog ya begitu itu, banyak yang kasian
    ~~~
    Bundo bisa aja! *mrgreen*

  20. thx atas tipsnya, ya, mbaa…
    mohon maaf ya kalo mimi masih belum menjadi pembaca yang loyal…

    blog mba nunik salah satu blog yang menginspirasi aku dari awal menulis blog, di samping beberapa blog teman yang lain.

    salut sama blog mba, yang tante alex-nya uda ramping banget… 🙂
    thx for sharing mbaa…
    .-= funky fun-T mimi allegra selesai posting Melted Cheeze Bitterballen =-.
    ~~~
    Masih kalah sama PakDhe Cholik, Mbak…

  21. Menurut saya blogging dan blogwalking masih menjadi andalan kok.
    Mbak ikutan kontes kecil2an membuat review Bhirawa ya.
    Thank you
    Salam hangat dari Surabaya
    .-= Bhirawa selesai posting Jambore on the Blog =-.
    ~~~

    Saya sudah meluncur ke blognya PakDhe. Mudah-mudahan bisa ikutan ya…

  22. masih banyak yg harus sy benahi … terutama trackback, mungkin harus sering-2 trackback kesini kali ya ..? 😉
    ~~~
    Ya. Hahahaha….

  23. Wah,
    Atikel anda bagus sekali,dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini. Saya sangat terkesan dan setuju dengan postingan di atas !
    Saya akan kembali lagi Untuk membaca postingan anda yang lain
    Terimaksih dan Tetap semnagat,semoga sukses dunia akhirat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge