Ternyata! Sukses Jadi Blogger Hanya Butuh ‘Konsistensi’

Selamat pagi semua kawan, setelah lama menggeluti dunia bisnis online, dalam hal ini sebagai blogger, saya pun akhirnya menyadari bahwa “Ternyata! Sukses Jadi Blogger Hanya Butuh ‘Konsistensi’”. Sebelum masuk ke pembahasan inti, ini soal pengalaman saya saat pertama kali belajar cara membuat blog di blogspot, saya ingin bercerita banyak dan panjang lebar dulu apa saja yang saya alami selama menjalani profesi dengan modal jari ini.

Saya teringat dengan ungkapan salah satu motivator ternama di Indonesia, yakni Mario Teguh dalam program TV “Golden Ways’, ia pernah berkata bahwa “Jika Anda sukses maka umumnya itu karena dimulai dari hal kecil yang Anda lakukan sepuluh tahun atau sekian tahun yang lalu dan bukan karena hal besar yang Anda lakukan.” Dari sini saya teringat dengan apa yang awalnya saya lakukan saat baru pertama kali mengenal apa itu blogspot dan wordpress. Nah, berikut cerita selengkapnya:

Pertama kali tau dari buku…

Dulu setelah selesai kuliah, kurang lebih 3 bulan setelah wisuda, saya akhirnya bingung mau ke mana saya ini, sudah sering melamar tapi belum juga ada yang mau menerima, nah karena sewaktu masih kuliah kesibukan saya adalah membaca buku dan buku saja, maka waktu itu saya putuskan bahwa setiap urusan mengantar surat lamaran selesai saya pergi ke ‘kantor utama saya’ … Perpustakaan maksudnya brow…

Dari situlah cerita berlanjut. Setelah sekian bulan gonta-ganti tema buku, akhirnya saya secara tidak sengaja menyempatkan membaca aneka buku soal bisnis online, dan di situlah saya mengenal yang namanya penghasilan dari internet, yakni blog. Dan sejak itu saya getol melakukan praktek dan terus belajar, kata orang sih “Trial and Error’.

Dan sejak itu pula saya mulai mengubah haluan buku yang saya baca yang tadinya soal ilmu mengenai jurusan saya, menjadi buku seputar bisnis, mulai dari cara membuat blog, hingga cara optimasi website agar bisa masuk halaman pertama Google dan lain sebagainya.

Mulai membuat blog dari CMS Joomla

Kalau ada yang belum tau apa itu CMS, jadi sedikit saya jelaskan kalau CMS itu adalah kependekan dan Content Management System, yakni aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola web atau blog yang kita buat, mulai dari admin blognya, tempat meletakkan template-nya dan sebagainya yang berkaitan dengan manajemen blog kita.

Nah, awalnya CMS Joomla inilah yang saya gunakan dan bahkan hampir kurang lebih 6 bulan saya belajar pagi siang dan malam soal ini. Tapi kenyataan berkata lain, waktu saya banyak terbuang tapi belum bisa menghasilkan. Saya sih berhasil buat blog yang sudah menggunakan .com tapi sayang karena namanya pemula hanya panas-panas tahi ayam dan akhirnya bubar. Ya karena ada masalah waktu jadi saya stop dan fokus kerja dulu.

Blog Sukses

Mulai lanjut ngeblog lagi karena suatu kejadian

Waktu itu setelah lama berhenti ada yang meminta saya untuk dibuatkan website dari salah satu koperasi di kota Bogor, tapi apa yang terjadi? Setelah hampir selesai dan sudah seminggu lebih saya kerjakan, terus si pemesan tadi bilang tidak jadi menggunakan jasa saya.

Dalam hati saya marah sekali karena saya belum dapat bayaran sama sekali, padahal sudah terlanjur beli domainnya dengan uang saya, tapi ternyata dari sinilah sebenarnya yang memberi jalan bagi saya untuk menjadi blogger, karena setelah itu saya malah tertarik lagi ngeblog, yang hingga sekarang saya sudah menjalaninya selama 6 tahun dan sudah banyak yang saya hasilkan dari blog.

Jadi itu yang saya katakan tadi, soal kata-kata Mario Teguh bahwa kesuksesan kita itu kebanyakan bukan karena hal besar tapi karena hal kecil yang kita lakukan secara konsisten sejak masa lalu. Jadi seperti yang saya alami, karena waktu kejadian soal yang pesan web itu tidak jadi, saya malah mengiklaskan dalam hati semoga nanti ada gantinya yang lebih baik, dan karena setelah itu saya terus berusaha mengembangkan diri dan konsisten ngeblog akhirnya bisa seperti sekarang.

Pindah haluan ke Blogger

Setelah kejadian yang saya sebutkan di atas, karena alasan menggunakan cms sangat banyak menyita waktu saya akhirnya berpikir simple dan memilih menggunakan blogspot karena katanya lebih mudah, dan ternyata benar, kita gak terlalu ribet ngurusi template-nya, cuma di awal saja, setelah itu hanya fokus ngeblog dan optimasi, dan dari situlah saya mulai menghasilkan banyak rupiah.

Karena waktu itu saya juga mulai membuka jasa buat blog dan juga menjual ebook sendiri. Dan dari menggunakan blogspot ini juga saya banyak sekali belajar cara edit blog dan sebagainya hingga waktu itu saya punya puluhan blog, walau tidak semua menghasilkan.

Akhirnya diterima Google Adsense

Jadi Google Adsense ini adalah semacam program periklanan yang dibuat google untuk menjembatani antara pengiklan dan para blogger, ya kurang lebih seperti makelar iklan-lah, kita ngeblog dan google bantu ngasi iklan yang dititipkan ke blog. Sejak diterima di GA saya mulai menghasilakan, awalnya cuma 1 juta, kemudian naik jadi 2 juta dan seterusnya, hingga pernah dalam sebulan saya dapat 25 juta bersih yang dicairkan lewat kantor pos. Menarik sekali kan?

Tapi semua ini tidak mudah, saya waktu itu harus begadang dan mengurangi jam tidur saya hingga hanya 4 jam dalam sehari, apa gak ngeri tuh… makanya sekarang badan saya agak kurusan, tapi tak masalah gampang kok kalau mau gemuk lagi.

Jadi itulah sob cerita saya, intinya konsisten kalau mau berhasil jadi blogger sukses dengan penghasilan 4 digit dollar per bulan. Dan sekarang ini buat teman yang mau menyapa saya, sekarang saya mulai mau professional dengan menggunakan blog WordPress, siapa tau ada yang mau bertanya, silahkan berkunjung ke Caraspot – blog dengan berbagai panduan cara membuat semua hal. Anda bisa juga menulis di sana untuk sekedar berbagi atau pun bertanya soal bisnis online.

~~~

Tulisan ini adalah Guest Blogging. Penulis Caraspot. Hobi blogging dan menulis. Blognya: Caraspot.com

Teman-teman juga bisa menjadi guest blogger (caranya di sini).

40 thoughts on “Ternyata! Sukses Jadi Blogger Hanya Butuh ‘Konsistensi’

  1. Bener banget mba
    smua konsistensi yang paling utama,
    saya sdh lama ga ngeblog, ya wajar ga terkenal2, tapi fokus ke jualan , alhamdulillah rame jualannya, ternyata lbh ska jualanhehe.

  2. Kebanyakan para blogger berhenti di tengah jalan karena belum menuai kesuksesan, padahal sudah di jelaskan panjang lebar, sukses jadi blogger hanya butuh konsistensi. satu atau dua tahun Anda belum sukses, bisa jadi tahun ke tiga kesuksesan menghampiri Anda.

  3. perjuangan keras, saya sendiri bth 2 tahun lbh hny utk mendpat bnyk traffic yg lmayan.. mata sampe minus krn mlototin monitor mulu. tp diblik it bnyk ilmu yg dipetik, dmna hal in tak diraih di bangku pendidikan formal..

  4. senada dengan anda mas/mbak penulis guest blogger, saya juga ingin menjadi seorang blogger , walau mungkin tarafnya masih ngeblog untuk mengisi perut anak dan istri.
    belajar menjadi bloggermemang yang paling susah adalah bagian “konsistensi” – nya. saya sendiri sudah membuat 2 blog yang sampai sekarang masih belum jelas kemana arahnya. belajar konsisten emang berat rasanya.
    gajiumr.com selesai posting Daftar gaji umk kab (kabupaten) kediri tahun 2015

  5. informasi yang bagus dan menginspirasi mbak. Moga-moga saya bisa terus konsisten ngeblog. Alhamdulillah 5 bulan ngeblog sudah bisa menghasilkan.

  6. wow.. menambah wawasan.. tetapi blog saya tdk dipakai untuk menghasilkan uang.. cuman untuk memamerkan jago main game aja.. wkwkwk.

  7. Hm kesabaran itu berkaitan dgn berbagai aspek,,
    bagiku kesuksesan bloger itu karna kesabaran yg terus menerus menekuni dunia blogger,,,yapz konsisten makasih ilmunya like bgt

  8. Sungguh awalnya akupun mulai lelah ngeblog,tpi alhamdulillah setelah membaca dan saya akhirnya sadar ,,bahwa saya harus konsisten 🙂

  9. intinya konsistensi buat artikel..
    tapi sayangnya konsistensi ini sulit, apalagi keseharian juga di penuhi kegiatan lain seperti bekerja offline.
    pulang2 kerja udah capek jadi malas nulis.

  10. ternyata memang benar apa yang telah ditulis mas gee jhon dalam blognya portal-uang.com “Membaca kisah-kisah sekaligus cara mereka yang telah berhasil, selalu dapat memberi inspirasi. Pada saat-saat galau, ketika frustasi melanda, dan Anda ingin berhenti dan menyerah, cobalah kunjungi blog-blog mereka yang telah sukses. Anda akan dapat tenaga baru”.
    lucusob selesai posting Download Gambar DP BBM Unik Terbaru

  11. Hebat bu…. kalau bisa 25 juta perbulan walau tidur 4 jam perhari saya juga mau bu…Wah perjuangannya memang berat ya… banyak cobaan yg harus di lalui dengan sabar… kalau seorang wanita saja bisa… mengapa pria harus mundur.

    Terima kasih

  12. Wahhhh.. Pelajaran yg menarik hari ini..

    Iyah betul sekali, bikin blog sendiri mudahnya bukan main, tapi yang tersulit adalah konsistensinya.

    Saya baru 2 bulan ngeblog tapi terkadang ada aja rasa malas menghampiri setiap mau nulis artikel..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge